bulan ramadhan

Agar Bulan Ramadhan Bisa Umroh, Apa yang Perlu Dilakukan?

Bulan ramadhan adalah kesempatan bagi umat Islam untuk beribadah secara lebih khusyuk dan kesempatan untuk dapat mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Di bulan ramadhan, umat Islam menjalani ibadah puasa sehari penuh dari subuh hingga maghrib. Di saat puasa tersebut, setiap umat dapat memanfaatkannya dengan berbagai ibadah seperti shalat, mengaji, dan mengerjakan shalat sunnah yang memiliki pahala berlipat ganda yaitu shalat tarawih. Puasa di bulan ramadhan menjadi tantangan bagi setiap umat Islam, dan Allah menjanjikan pahala atas ketaqwaan setiap umatNya yang mampu menjalankan puasa dengan baik.

bulan ramadhan

Di bulan ramadhan juga, terdapat amalan-amalan lain yang tidak ditemui di bulan-bulan lainnya. amalan-amalan tersebut adalah dalam wujud memberikan zakat kepada orang yang membutuhkan dan sifatnya wajib bagi siapapun yang sudah mampu. Zakat ini merupakan amalan dengan tingkat pahala yang cukup tinggi. Bulan ramadhan juga merupakan kesempatan bagi setiap umat muslim untuk memohon ampun atas segala dosa yang pernah dilakukannya di masa lampau.

Bagi beberapa orang ketika bulan ramadhan tiba, maka ada keinginan untuk melaksanakan ibadah lain yaitu ibadah umroh. Bagi orang-orang yang dinilai mampu, menjalani ibadah ini di bulan ramadhan dapat membuat lebih khusyuk dan merasa bisa lebih dekat dengan Allah. Dengan mengunjungi baitullah, menjalankan ibadah umrah di bulan ramadhan menjadikan ibadah puasa menjadi lebih sempurna. Tentu saja, ada beberapa hal yang membuat ibadah umrah ketika di bulan-bulan lain berbeda dengan menjalankan ibadah umrah ketika bulan ramadhan. Perbedaan-perbedaan tersebut antara lain adalah jamaah harus menjalani ibadah puasa sekaligus menjalani ibadah umrah. Bagi orang Indonesia, menjalani ibadah puasa di Indonesia mungkin menjadi hal yang biasa. Namun ketika menjalani ibadah puasa di Mekkah yang merupakan bagian dari Uni Emirat Arab maka para jamaah perlu mempersiapkan diri secara matang. Hal ini karena di Mekkah suhu di siang hari dapat mencapai suhu yang sangat panas yaitu sekitar 40 derajad celcius dan akan turun secara drastis ketika malam hari. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kestabilan tubuh para jamaah.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk dapat umroh ketika bulan puasa tiba.

1. Olahraga teratur

Olahraga tetap dapat dilakukan walaupun sedang berpuasa. Ada beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan tanpa membuat kelelahan atau kehausan berlebihan, seperti sekadar berjalan-jalan di sekitar taman, yoga, dan senam di rumah. Olahraga tersebut membuat tubuh tetap bergerak dan meningkatkan vitalitas tubuh.

2. Makan makanan bergizi

Sebelum berangkat umroh, jamaah perlu memiliki asupan gizi yang bagus yang dapat diperoleh dari makanan-makanan bergizi dan buah-buahan.

3. Mengkonsumsi vitamin

Mengkonsumsi vitamin sangat penting bagi kesehatan tubuh, terutama untuk menjaga antibodi agar tidak mudah sakit.

4. Niat karena Allah

Niatkan ibadah sebagai wujud syukur dan ikhlas kepada Allah. Apabila niat telah bulat, insyaAllah sepanas apapun suhu di tanah suci, akan terasa ringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *