Lembaga Pengelolaan Zakat di Indonesia

Zakat adalah salah satu kewajiban umat muslim yang amal ibadahnya setara dengan sholat, puasa dan ibadah haji. Zakat mengajarkan banyak hal kepada umat muslim, dengan berzakat hati seorang muslim akan kembali suci, terhindar dari berbagai sifat berbahaya seperti iri hati, sombong dan dengki. Zakat sendiri terdiri dari dua macam yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan satu tahun sekali, berupa sembako atau makanan pokok. Sedangkan zakat maal berupa harta benda seperti emas, perak, perniagaan, pertanian, perkebunan, uang, hewan ternak, dan masih banyak lagi.

Pentingnya Lembaga Pengelola Zakat di Indonesia

Kedua zakat tersebut wajib dikelola oleh lembaga pengelolaan zakat. Mengapa begitu? Karena jika tidak maka pembagian zakat akan berantakan. Pengelolaan dimaksud untuk mengatur skala prioritas kebutuhan para mustahiq, di samping itu juga bisa dimanfaatkan untuk membangun usaha yang produktif. Pengelolaan zakat merupakan tugas pemerintah, dimana pemerintah menunjuk badan amil zakat dan lembaga amil zakat lainnya.

Munculnya lembaga zakat yang berbasis online, mengakibatkan banyaknya umat muslim yang berzakat secara online. Karena diketahui jauh lebih praktis dan mudah. Karena itu sangat penting sekali adanya lembaga pengelola zakat, untuk mengatur pembagian zakat ke setiap lembaga yang membutuhkan. Pengelolaan ini juga penting agar nantinya zakat yang sampai berguna untuk jangka waktu yang panjang.

Setiap tahunnya pasti banyak zakat yang dikirimkan oleh para penyalur zakat. Jika tidak dikelola dan diatur dengan baik, zakat hanya akan datang dan pergi begitu saja. Karena itu semakin banyaknya lembaga pengelola zakat maka akan semakin baik dan mempermudah sosialisasi antar umat muslim. Para muzakki berhak memilih lembaga pengelola zakat yang menurut mereka dapat mengatur zakat yang mereka berikan dengan baik serta amanah. Salah satu lembaga pengelola zakat yang berperan penting saat ini adalah aksi cepat tanggap.

ACT sudah berhasil mengelola berbagai macam zakat untuk disumbangkan kepada para mustahiq (penerima zakat) dengan baik dan teratur. Banyak sekali kemudahan yang bisa Anda dapatkan jika berzakat secara online. Selain praktis, Anda juga bisa tetap berzakat walaupun sedang dalam keadaan sibuk atau sedang menetap di negeri orang yang mayoritas agamanya bukan muslim. Sebelum disalurkan kepada para mustahiq, zakat dikelola terlebih dahulu agar pembagiannya adil dan merata.

Lembaga pengelola zakat saat ini termasuk lembaga yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya umat muslim. Karena telah berjasa besar mengatur dan mengurus berbagai zakat yang masuk. Turun tangan pemerintah juga cukup penting dalam hal tersebut. Karena pemerintah harus menilai, mana lembaga yang amanah dan professional, lalu mana lembaga yang tidak professional. Hal itu sangat penting, karena zakat adalah satu-satunya hak orang miskin yang bisa kita bantu selama kita bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *