Cara Bayar Zakat Online Yang Benar & Simple Ada Di Global Zakat

Perkembangan teknologi membawa dampak yang besar pada beberapa aspek kehidupan. Misalnya dalam hal pembayaran zakat. Masyarakat sekarang dimudahkan dengan adanya lembaga yang mengelola zakat dengan cara online. Dulu membayar zakat dilakukan dengan cara datang ke masjid atau lembaga tempat mengelola zakat, bertemu langsung dan bertatap muka sambil melakukan ijab qabul. Saat ini ijab qabul sudah bisa dinyatakan melalui formulir yang kita isi saat akan melakukan pembayaran zakat secara online. Membayar zakat baik dengan bertemu langsung maupun melalui dunia maya/online sah jika semua syarat dan rukunnya terpenuhi.

Berikut ini adalah cara membayar zakat secara online, dengan mengutip dari lembaga pengelola zakat: Baznas.

Layanan ini memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam menghitung dan membayar zakat secara online. Kalkulator zakat online ini khusus mengkalkulasi zakat penghasilan dan zakat harta (maal) dengan mudah, transparan, dan terpercaya.

Proses yang ditawarkan juga sangat mudah dengan user interface yang sederhan dan mudah dipahami. Kita cukup mengakses digital.mataharimall.com/zakat dan tinggal mengikuti petunjukan yang ada. Setelah berhasil masuk, ada dua menu utama yang ditampilkan yaitu Zakat Profesi dan Zakat Harta. Dibawahnya terdapat beberapa tab yang berkaitan dengan jumlah penghasilan Anda dengan menggunakan aplikasi matahari mal.

Setelah masuk ke halaman utama digital.mataharimall.com/zakat, kita diarahkan menuju page berisi informasi dan tata cara pembayaran zakat. Pilih tab Zakat Profesi, yaitu zakat yang harus dikeluarkan berdasarkan penghasilan profesi yang ditekuni dan bila telah mencapai nisab.

Di dalam Zakat Profesi kita diarahkan untuk mengisi kolom yang ada seperti gaji, penghasilan lain di luar gaji, pengeluaran per bulan dan periode dalam bulan. Setelah semua data terisi, klik opsi Hitung Kalkulasi Zakat. Secara otomatis kalkulator zakat online akan menampilkan jumlah zakat yang harus kita bayar. Kita bisa memilih waktu yang harus dibayarkan berdasarkan periode bulan. Jika jumlah data penghasilan yang dimasukkan belum memenuhi unsur kewajiban membayar zakat, akan muncul pemberitahuan bila kita belum diwajibkan ber-zakat.

Yang membedakan dengan Zakat profesi adalah penghitungan pada kolom data yang harus diisi dalam Zakat Harta kita harus mengisi kolom jumlah tabungan atau deposito, properti atau tanah, logam mulia yang dimiliki, saham atau pitung dan hutang pribadi. Setelah semua data terisi, klik opsi Hitung Kalkulasi Zakat. Dan secara otomatis kalkulator zakat online akan menampilkan jumlah zakat yang harus Anda bayar. Penghitungan ini khusus untuk harta yang telah tersimpan selama lebih dari 1 tahun (haul) dan mencapai batas tertentu (nishab)

Jika kalkulasi selesai, Anda bisa langsung membayar sesuai penghitungan dengan mengisi data diri di kolom yang ada di bawahnya. Setelah itu tinggal klik tombol bayar. Pembayaran zakat ini dapat dilakukan melalui bank transfer dan virtual account. Setelah selesai membayar zakat, kita akan mendapatkan email notifikasi pembayaran secara resmi dari pihak BAZNAS yang berisi bukti setor zakat.

Namun bila anda masih bingung anda bisa gunakan fitur-fitur terbaik dari global zakat untuk mengetahu cara bayar zakat online yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *