Program Tabungan Qurban Warga Muslim

Qurban adalah salah satu syariat Islam yang dijadikan sebagai sarana untuk dapat mendekatkan diri kepada Allah. Mungkin kita semua tahu berqurban adalah memberikan binatang ternak untuk disembelih tepat pada hari Idul Adha. Memang tidak semua orang mampu untuk berqurban, tetapi untuk menyemangati umat muslim yang berniat berqurban dapat ikut melakukannya dengan mengikuti program tabungan qurban di setiap tahunnya. Program tabungan untuk qurban ini dapat meringankan beban warga umat muslim yang ingin melakukan ibadah qurban, namun belum terlalu mampu dari segi perekonomiannya. Program tabungan ini sudah ada di banyak tempat seperti di setiap perkumpulan RT-RW atau di perkumpulan pengajian biasanya diselenggarakan program tabungan untuk qurban.

Sebagai umat muslim sudah sepantasnya kita mengetahui dan melaksanakan syariatnya, salah satunya melaksanakan ibadah qurban. Agar seluruh umat muslim lebih bersemangat dalam berqurban, program tabungan qurban sangat membantu dalam menyelenggarakan binatang ternak untuk dikurbankan setiap tahunnya. Namun dalam berqurban juga terdapat ketentuan umum. Beberapa ketentuan untuk melakukan qurban adalah sebagai berikut:

• Peserta yang ingin berqurban beragama Islam, karena Qurban merupakan syariat Islam.
• Biasanya untuk jumlah penyetoran dibebaskan yaitu terserah kepada penabung dengan jumlah yang tidak dibatasi.
• Setiap penyetoran akan dicatat kedalam buku Tabungan Qurban peserta, dan dalam buku catatan Pengelola.
• Tabungan qurban ini tidak ada uang bunganya dan juga tidak akan dikenai biaya lainnya.
• Biasanya apabila sang penabung meninggal dunia, maka tabungan qurban tersebut bisa dilanjutkan oleh ahli warisnya.
• Biasanya penabung memilih sendiri untuk melakukan Qurban, apakah akan membeli sendiri hewan qurbannya atau langsung mengambil uang tabungan Qurban tersebut, atau bisa juga langsung menyerahkan tabungan kepada panitia Qurban untuk membeli hewan qurban yang sesuai dengan pilihan para panitia qurban.
• Yang terakhir yaitu seluruh peserta yang melakukan qurban diharapkan mengikuti ketentuan umum tersebut.

Program tabungan untuk qurban ini merupakan sebuah alternatif yang tepat dan sangat memudahkan warga muslim yang ingin melaksanakan ibadah qurban. Jika rata-rata untuk berqurban memang membutuhkan modal uang yang cukup banyak yaitu sekitar 3 juta Rupiah untuk membeli hewan qurban, maka dengan program tabungan qurban biaya tersebut dapat dibayar dengan cara menyicil atau dengan angsuran kepada panitia penyelenggara qurban di sekitar rumah anda atau yang sudah anda percaya. Dengan adanya program tabungan ini, diharapkan seluruh warga muslim dapat lebih mudah melakukan ibadah qurban yang merupakan syariat Islam dan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jadi sekarang ini bagi seluruh warga muslim yang ingin melakukan qurban tidak perlu bingung dan khawatir, karena dengan tabungan qurban ini akan sangat membantu anda untuk melaksanakan niat baik karena Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *