Aksi dari Sebuah Lembaga Sosial

Lembaga sosial atau lembaga kemanusiaan bisa dikatakan sebagai organisasi swasta yang melakukan kegiatan sosial. Umumnya lembaga yang menjalankan kegiatan sosial dilakukan untuk membantu hal-hal yang berkaitan dengan kejadian kemanusiaan. Lembaga umumnya memiliki misi untuk berbagi dan membantu meringankan beban saudara-saudara di suatu tempat. Ada banyak lembaga yang didirikan di tanah air dengan tujuan dan program-program yang berbeda. Tujuan utama umumnya adalah untuk membantu sesama manusia yang terkena dampak dari sebuah bencana atau tragedi. Program yang dimiliki antara satu lembaga dengan lembaga lain tentu  tidak sama. Pada sebuah program biasanya berisi kegiatan-kegiatan sosial. Berikut adalah beberapa kegiatan sosial yang sering menjadi program sebuah lembaga kemanusiaan.

Aksi Sosial dari Lembaga Kemanusiaan

Kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh sebuah lembaga kemanusiaan adalah memberikan bantuan bahan pokok. Bantuan seperti makanan dan juga pakaian merupakan yang sering diberikan. Menyediakan makanan gratis di masyarakat yang membutuhkan. Pakaian atau pun peralatan lain yang sangat dibutuhkan sehari-hari juga menjadi barang yang dibagikan oleh lembaga sosial. Untuk target penerima bantuan sandang dan pangan tersebut, umumnya di daerah yang mengalami bencana atau krisis. Wilayah dengan kondisi tersebut kebanyakan masyarakatnya mengalami kesulitan untuk memperoleh makanan atau berganti pakaian. Bantuan bahan makanan dan pakaian begitu membantu untuk menyediakan kebutuhan utama masyarakat yang terkena bencana. Daerah yang mengalami bencana dan membuat masyarakatnya harus mengungsi akan membutuhkan bantuan pakaian dan peralatan tidur.

Selain memberikan bantuan langsung berupa bahan makanan dan kebutuhan sandang, bantuan berupa layanan publik juga sering disediakan lembaga kemanusiaan. Aksi sosial dengan membuka layanan seperti kesehatan, begitu dibutuhkan terutama di daerah yang dilanda bencana. Posko traumatic untuk mengobati trauma paska bencana juga layanan yang sering dibuka oleh suatu lembaga sosial. Kebanyakan pasien untuk layanan traumatic adalah anak-anak. Layanan ini umumnya diisi dengan aksi sosial berupa permainan yang menyenangkan untuk menghilangkan rasa trauma anak. Untuk daerah yang lebih parah seperti daerah krisis dengan kegiatan pendidikan yang terhenti, akan dibantu dengan aksi sosial untuk layanan pendidikan. Sekolah-sekolah gratis yang lebih fokus untuk mengobati perasaan sedih setelah bencana.

Tidak hanya memberikan bantuan dan membuka layanan masyarakat. Beberapa lembaga kemanusiaan juga melakukan aksi sosial dengan mendirikan bangunan publik. Pendirian bangunan biasanya dilakukan di daerah yang mengalami kerusakan fisik. Daerah terkena bencana atau dalam konflik peperangan. Pendirian bangunan oleh sebuah lembaga adalah kegiatan sosial untuk mengganti fasilitas publik yang sudah tidak bisa digunakan. Melalui pembangunan ulang bangunan publik diharapkan pemulihan bagi korban bisa lebih cepat. Bangunan yang banyak didirikan lembaga sosial adalah bangunan sekolah, rumah sakit, dan gedung untuk kegiatan penting masyarakat. Bantuan sebuah gedung juga bermanfaat untuk mengembalikan kondisi suatu daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *