Strategi Memulai Bisnis Jual Hewan Kurban

Hari Raya Idul Adha identik dengan menyembelih hewan kurban seperti sapi, kerbau, atau kambing. Namun, bagi peternak hewan, Hari Raya Idul Adha adalah waktu yang ditunggu-tunggu. Mereka bisa meraup keuntungan dengan menjual hewan ternak untuk kurban. Bahkan keuntungan mereka bisa melipat ganda karena permintaan pasar yang tinggi. Jual hewan kurban bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan karena tingginya permintaan pasar membuat orang-orang rela membeli hewan kurban dengan harga mahal. Selain untuk kurban, bisnis hewan ternak biasanya untuk keperluan akikah, pernikahan, syukuran, dan acara lainnya. Jika tertarik dengan bisnis hewan kurban maka ada strategi yang harus dipersiapkan, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Strategi bisnis yang pertama adalah mengenali produk dengan baik. Hal tersebut berlaku pada bisnis jual hewan kurban. Orang-orang yang ingin bergelut di bidang hewan kurban harus paham dengan baik seluk-beluk hewan yang akan dijual, ketentuan hewan kurban, sampai aturan jual beli hewan kurban. Pemahaman yang baik mengenai hewan kurban sangat membantu dalam proses berjualan. Tentu saja pembeli hewan kurban lebih tertarik dengan hewan kurban yang informasinya lebih jelas. Sehingga, risiko kerugian bisa teratasi. Mempelajari dunia hewan bisa dilakukan dengan membawa berbagai macam buku atau jurnal yang mudah ditemukan di internet atau bertanya langsung kepada dokter hewan atau ahli hewan yang ada di instansi atau dinas.

Selain itu, modal tidak kalah pentingnya dalam bisnis jual hewan kurban. Modal yang dimiliki akan mempengaruhi jenis hewan kurban apa yang bisa dijual. Jika ingin menjual sapi maka modal yang diperlukan tergolong besar. Hal ini dikarenakan harga jual sapi di pasaran sudah mencapai belasan juta Rupiah. Sedangkan, jika ingin berjualan hewan kurban dengan modal yang sedikit maka pilihlah kambing yang memiliki harga jual berkisar Rp 2.000.000,-. Oleh karena itu, lakukan riset sederhana dengan melihat modal yang dimiliki, jenis hewan kurban yang bisa dijual, lokasi berjualan, dan kompetitor. Pastikan untuk menjual hewan kurban yang memiliki permintaan pasar yang tinggi.

Setelah menentukan jenis hewan kurban yang akan dijual maka tidak kalah pentingnya menentukan metode berjualan. Banyak pengusaha hewan kurban pemula yang mengalami kesulitan dalam metode penjualan. Tenang saja karena metode penjualan bisa dipelajari seiring berjalannya waktu. Gunakan pendekatan yang efektif untuk menarik dalam menjual hewan kurban. Jual hewan kurban yang paling efektif adalah dengan menawarkannya secara langsung kepada pembeli yang potensial. Jangan segan untuk melakukan promosi kepada semua orang karena semua orang memiliki potensi untuk membeli hewan kurban yang dijual. Selain itu, maksimalkan promosi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti berpromosi di media sosial atau website jual beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *