musik jazz

9 Daftar Penyanyi Jazz Indonesia. Yang Nomor 3 Cantik

Nggak terasa ya, kita udah memasuki kuarter ketiga di tahun 2017 ini. Semakin ke sini menurut lo perkembangan musik di Indonesia, semakin maju, gitu-gitu aja, atau justru menurun nih? Terutama musik jazz? Nah beberapa waktu yang lalu ada sebuah media yang mensurvei siapa aja daftar penyanyi jazz di Indonesia terbaik berdasarkan jajak pendapat audiensnya.

MLD Spot kali ini juga ingin menyampaikan ke lo siapa aja daftar penyanyi jazz indonesia terbaik di tahun 2017 ini.

Mari Kita Simak

1. Tompi

Kalau kita denger musik Jazz, terutama bagi yang awam nih, pasti nggak jauh-jauh dari Tompi kan? Yup, meskipun profesi aslinya adalah dokter umum dan memperoleh gelar spesialis di bidang bedah plastik, Tompi juga tetap getol berkarya dan bernyanyi dalam dunia jazz. Karakter suara Tompi yang khas, tinggi melengking dan mendayu membuat Tompi selalu ditunggu-tunggu di setiap acara musik. Dari 2003 hingga 2011, Tompi tiap tahunnya selalu aja nih ngeluarin album yang membuatnya sebagai salah satu musisi jazz paling produktif. Lagu Tompi yang mana yang selalu lo ingat? Kita tunggu aja ya album Tompi berikutnya, semoga ada berita segar nih!


2. Indra Lesmana

Musisi yang lahir di Jakarta 66 tahun lalu ini adalah nama besar di dunia jazz Indonesia, karena tangan dinginnya tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga ikut andil dalam membesarkan musisi-musisi lain. Saking cintanya dengan dunia musik, Indra Lesmana masuk sekolah musik di negeri kanguru alias Australia dan lulus dengan baik loh! Indra yang bisa memainkan hampir seluruh instrumen musik ini lantas tak bertinggi hati. Indra saat ini lebih sering tampil di kancah musik jazz internasional dimana dirinya diundang bersama musisi-musisi jazz besar dari belahan dunia lainnya. Kemampuan Indra ini tak hanya atas kerja kerasnya sendiri. Indra mengaku darah seninya diturunkan oleh ayahnya, Jack Lesmana yang kalau lo tau, doi adalah musisi jazz besar di Indonesia juga dulunya. Salut deh buat Bapak dan anaknya ini.


3. Andien

Kata siapa jazz Indonesia didominasi dengan pria? Buktinya ada Andien yang udah wara-wiri di jazz Indonesia sejak tahun 2000 dan udah berhasil menelurkan 6 album hingga sekarang. Bersama penyanyi lain yakni Yuni Shara, Iga Mawarni, Rika Roeslan, dan Nina Tamam, Andien mendirikan group bernama 5 Wanita. Buat lo yang belum pernah denger lagu Andien, wajib deh cobain suara Andien yang khas ini ditambah lagi cantik dan gayanya yang fashionable.


4. Tulus

Pendatang baru namun melejit? Tulus dong pastinya! Mulai dari Sewindu, Teman Hidup, Gajah, Sepatu, dan Jangan Cintai Aku Apa Adanya, semua lagu Tulus sukses mencapai puncak tangga lagu Indonesia. Musiknya yang enak di kuping mendongkrak popularitas musik jazz tanah air, meskipun begitu Tulus lebih senang menyebut musiknya ini dengan gaya “eklektik”. Lo tau apa maksudnya?


5. Glen Fredly

Penyanyi jazz berdarah Maluku yang udah berumur 42 tahun ini sejak kemunculannya di 1995 hingga 2012 udah menelurkan 10 album. Kalau lo pernah dengar lagu Cinta dan Rahasia yang dinyanyiin Yura, itu adalah besutannya Glen. Glen banyak memotori penyanyi-penyanyi muda lainnya. Sosok Glen yang inspiratif pun berusaha selalu menghadirkan angin segar untuk dunia jazz Indonesia. Karakter suara Glen yang lembut sih menurut dirinya sendiri terinspirasi dari mendiang Michael Jackson dan Chrisye.


6. Sandhy Sondoro

Lebih terkenal di Eropa dibandingkan di negara aslinya sendiri, itulah yang selalu dirasakan oleh Sandhy. Sandhy yang memang sekarang udah lebih lama tinggal di German ini malang melintang di dunia musik jazz eropa. Sandhy pernah mencoba penetrasi albumnya ke Indonesia, namun belum beruntung. Lo tau dong lagu Malam Biru yang ngehits di 2010an? Selain lagu itu apalagi yang lo tau dari Sandhy? Malahan orang eropa lebih tau lagu-lagu Sandhy daripada kita. Meskipun begitu masih pantas rasanya jika Sandhy dijajarkan dalam daftar penyanyi jazz indonesia terbaik di 2017 ini.


7. Para Likumahuwa

Kenapa namanya para likumahuwa? Sebenarnya ini sih sebutan dari MLD Spot untuk mereka aja. Benny, Barry, dan anggota keluarga Likumahuwa lainnya emang jagonya deh kalo soal nyanyi dan musik jazz. Benny sendiri sangat piawai memainkan alat musik yang nggak semua orang nih bisa main. Gitar mah kecil bagi doi. Trombon, bongo, saksofon, bass, clarinet, adalah beberapa yang bisa dimainkan Benny dengan tutup mata. Para Likumahuwa ini udah sering banget tur keliling Asia dan beberapa kali tampil di panggung internasional.


8. Maliq N D’Essentials

Meskipun lo udah sering banget denger namanya, lo tau nggak kalau Maliq itu kepanjangan dari Music and Live Instrument Quality? Mungkin fans beratnya aja kali ya yang tau. Band yang memang beraliran jazz ini memiliki 6 personel dan sejak kemunculannya di 2004 hingga sekarang, selalu aja lagu-lagunya dinanti dan termasuk list top play di café-café.


9. Dira Julianti Sugandi

 

Selain Andien, ada Dira yang udah pernah berduet dengan Keith Martin sejak 2005 lalu loh. Jason Mraz juga melirik Dira dan mengajaknya berduet pada 2009. Album terakhir Dira yang berjudul Bluey dan Incognito sukses di pasaran internasional.

Meskipun diberi nomor dari 1 hingga 9, ini bukan berarti mengurutkan kualitas mereka ya. Semua yang termasuk dalam daftar penyanyi jazz Indonesia terbaik di 2017 ini udah nggak perlu lo raguin lagi musikalitasnya. Favorit lo ada di sini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *