Ingin Kurban Kambing? Ini Kisaran Harga Kambing Kurban

Hari raya Idul Adha merupakan hari yang ditunggu umat Muslim selain hari raya Idul Fitri. Berbeda dengan suasana Idul Fitri, pada perayaan Idul Adha umat muslim yang mampu bisa menyumbangkan hewan kurban berupa sapi, kerbau, domba, atau kambing. Karenanya harga kambing kurban dan hewan kurban lainnya biasanya naik pada saat Idul Adha. Sebenarnya, ada satu hewan lagi yang dapat dijadikan kurban, yaitu unta. Namun, karena di Indonesia tidak dikembangbiakan unta, karenanya banyak yang memilih sapi atau kambing sebagian kurban, dibanding kerbau dan domba.

Biasanya menjelang Idul Adha banyak pasar hewan kurban yang menjual pakan serta hewan-hewan kurban dengan harga beragam. Dari tahun ke tahun biasanya harga kambing kurban dan sapi kurban mengalami kenaikan, hal ini wajar karena memang kebutuhan pakan ternak juga semakin meningkat harganya. Jika seperti ini kondisinya, biasanya harga hewan kurban semakin melonjak tinggi ketika menjelang Idul Adha. Namun kenyataannya permasalahan harga ini tidak sama sekali menyurutkan keinginan umat Islam untuk melaksanakan kurban.

Menjelang Idul Adha umumnya, hewan kurban ini diberi harga berdasarkan bobotnya. Semakin besar bobot hewan kurban, semakin besar pula penawaran harganya. Berdasarkan rata-rata penjualan hewan kurban, untuk harga kambing kurban kelas A yang berbobot 40 kilogram ke atas, yaitu sekitar Rp 3,5 juta sampai Rp 5 juta. Untuk kelas B yang berbobot 25 sampai 35 kilogram, yaitu sekitar Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta. Sedangkan, untuk kelas C yang berbobot paling kecil sekitar 17 sampai 25 kilogram Rp 1,8 juta sampai Rp 2,6 juta.

Sementara itu, untuk sapi kurban kisaran harganya cukup jauh jika dibandingkan dengan harga kambing. Harga sapi kurban berbobot ±350 kilogram ke atas pada umumnya dibandrol dengan harga Rp 22 juta sampai Rp 35 juta. Untuk harga sapi kurban dengan bobot ±250 sampai ±300 kilogram diberi harga sekitar Rp 16 juta sampai Rp 20 juta. Sedangkan, sapi kurban yang bobotnya lebih kecil ±200 sampai ±225 kilogram dibandrol harga sekitar Rp 13 juta sampai Rp 15 juta. Selain diukur dari bobotnya, biasanya harga hewan kurban ini bergantung pada pakan serta kebersihan dan kesehatannya.

Meskipun harga hewan kurban semakin tinggi dari tahun ke tahun, nyatanya justru dari tahun ke tahun umat muslim yang menyumbangkan hewan kurbannya pun semakin meningkat. Apalagi sekarang pembelian hewan kurban dimudahkan melalui sistem online, yaitu melalui Global Qurban. Tidak hanya dimudahkan oleh sistem pemesanan dan pembayarannya, memesan hewan kurban melalui Global Qurban juga memudahkan calon pembeli karena dapat mengira-ngira harga, sebab harga kambing kurban tertera pada www.GlobalQurban.com. Ayo, berkurban!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *