Hukum Qurban Idul Adha dan Syarat Terpenting Berkurban

Terdapat dua pandangan mengenai Hukum qurban Idul Adha yang diyakini oleh masyarakat. yang pertama hukum berkurban adalah wajib bagi setiap umat muslim yang mampu secara materi. Hukum tersebut didasari oleh hadits Abu Hurairah yang menyatakan bahwa Rasululloh SAW bersabda, “Barang siapa yang berkelapangan harta namun tidak mau berkurban, maka jangan sekali-kali mendekati tempat sholat kami.” (H.R. Ibnu Majah). Sementara itu, pendapat yang kedua menyatakan bahwa menunaikan ibadah qurban hukumnya adalah sunnah muakkadah atau sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim yang mampu secara materi. Hal ini didasarkan bahwa tidak ada satupun riwayat hadits yang sahih yang menyatakan bahwa qurban itu hukumnya wajib.

Sebagaimana menurut tafsir Aswa’ul Bayan yang menyatakan bahwa, “…selayaknya bagi mereka yang mampu, tidak meninggalkan berkurban. Karena dengan berkurban akan lebih menenangkan hati dan melepaskan tanggungan, wallahu a’lam.” Tafsir tersebut menunjukkan bahwa meskipun hukum qurban Idul Adha bukan merupakan kewajiban, namun tidak ada salahnya menganggap bahwa ibadah qurban adalah sesuatu yang wajib bagi diri kita yang mampu secara materi, karena ganjaran pahala sangat besar dan Allah akan mengganti biaya yang telah dikeluarkan untuk berkurban lebih banyak berkali-kali lipat.

Sebelum menunaikan ibadah qurban, sebaiknya Anda mengetahui apa saja syarat hewan qurban yang bisa digunakan untuk berkurban sesuai hukum qurban Idul Adha. Sesuai dengan kesepakatan sebagian besar ulama, Hewan yang diperbolehkan untuk dikurbankan yaitu unta, sapi, dan kambing saja. Masyarakat muslim yang ingin berkurban dapat memilih beberapa di antara hewan tersebut. Hewan qurban yang paling banyak diminati masyarakat adalah kambing, karena harga kambing jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan harga sapi dan unta. Namun sebelum memilih hewan untuk dijadikan sebagai hewan qurban, sebaiknya Anda mengidentifikasi hewan tersebut apakah sesuai dengan syariat Islam. Misalnya hewan tersebut tidak cacat, tidak memiliki penyakit apapun, dan merupakan milik probadi atau bukan dari mencuri atau milik orang lain. Untuk mendapatkan hewan qurban dengan kualitas yang terpercaya, Global Qurban adalah solusi terbaik.

Meskipun harga kambing lebih murah, namun nyatanya masih banyak masyarakat yang memilih sapi sebagai hewan qurban supaya mendapat pahala yang lebih besar. Sebagian ulama berpendapat bahwa qurban satu kambing lebih baik dibandingkan qurban urunan satu sapi atau unta. Namun sebenarnya pendapat tersebut hanya didasarkan pada analogi atau qiyas saja. sehingga belum tentu kebenarannya karena tidak ada dalil yang sesuai. Selain itu, dalam melaksanakan setiap ibadah termasuk berkurban, yang paling utama dibutuhkan adalah ibadah tersebut diniatkan ikhlas karena mengharap ridho Allah SWT. Dengan begitu, hukum qurban Idul Adha tidak menjadi persoalan jika niat ibadah tersebut sudah benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *