Hukum Kurban Online yang Perlu Anda Ketahui

Di zaman sekarang ini Anda sudah bisa melakukan qurban dengan mudah. Bukan hanya berkurban di tempat tinggal Anda saja, namun Anda sudah bisa melakukan qurban di tempat lain yang jauh dari lokasi Anda. Bagaimana bisa? Tentu saja ini semua mungkin untuk dilaksanakan dengan cara kurban online. Qurban modern ini adalah qurban dimana Anda mentransfer sejumlah uang kepada panitian qurban yang bersangkutan seharga dengan hewan yang akan Anda qurbankan, misalnya sejumlah harga sapi qurban ataupun sejumlah harga hewan qurban lainnya. Setelah itu, panitia qurban akan membelikan hewan tersebut atas nama Anda dan akan dilangsungkan proses penyembelihan. Di akhir proses, daging hewan qurban Anda akan dibagikan kepada pihak yang membutuhkan. Daging hewan qurban akan diterima oleh masyarakat setempat dimana penyembelihan dilangsungkan, atau diserahkan ke daerah lain di Indonesia ataupun luar negeri.

Namun, yang menjadi permasalahan dalam kurban online adalah bahwa kita tidak pernah tahu siapa dan bagaimana yang melakukan proses penyembelihan hewan qurban atas nama kita dengan detail. Lalu, jaminan hewan qurban tersebut juga masih dipertanyakan hingga saat ini. Menurut para ulama, berkurban dengan cara online diperbolehkan sebab tidak ada dalil yang jeas sampai sekarang yang melarang kegiatan tersebut. Tapi ada konsekuensi dari berkurban dengan cara tersebut, yaitu Anda yang berkurban tidak akan tahu kemana hewan qurban tersebut karena Anda tidak menyaksikan proses penyembelihan secara langsung. Jika qurban tersebut dilakukan sebagai perwakilan maka tidak jadi masalah dan hukumnya adalah sunnah. Karena pada umumnya, jika kita melakukan ibadah qurban, 1/3 dari bagian daging qurban tersebut akan menjadi milik sendiri oleh sang pemilik dan sisanya akan dibagikan kepada orang yang membutuhkan sebagai sedekah ataupun hadiah. Tapi dalam qurban secara online, hal tersebut tidak berlaku karena Anda tidak bisa merasakan daging hewan yang Anda qurbankan.

Kekurangan dari kurban online adalah Anda tidak akan bisa menyaksikan proses penyembelihan tersebut secara langsung karena proses penyembelihan akan diwakilkan oleh orang lain. Kekurangan ini juga diperkuat oleh ketidaktahuan Anda kapan waktu penyembelihan. Di tanggal 1 Dzulhijjah, si pemotong qurban disarankan untuk tidak memotong rambut atau kuku sampai hewan qurban disembelih. Jika Anda berkurban secara online, maka Anda tidak akan tahu kapan hewan qurban akan disembelih dan tidak tahu keadaan orang yang memotong hewan qurban Anda. Namun, jika Anda berkurban melalui Global Qurban, maka kekurangan tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena yayasan tersebut telah terpercaya.

Meskipun begitu kurban online tetap mempunyai manfaat. Walaupun Anda tak bisa menyembelih secara mandiri, namun fakta bahwa daging qurban tersebut dibagikan kepada orang yang membutuhkan adalah sisi positif yang bisa Anda ambil. Dengan cara inilah Anda secara tidak langsung bersedekah karena menolong orang-orang dari kelaparan. Jika Anda tetap ingin melakukan qurban secara online, pastikan memilih panitia qurban yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *