Kandungan Nutrisi Berlimpah dalam Aloe Vera yang Menyimpan Banyak Manfaat

Tanaman aloe vera bukan hanya bermanfaat untuk mempercantik taman saja karena bentuknya yang unik dan warna tanaman yang hijau segar. Akan tetapi ada begitu banyak manfaat aloe vera untuk kesehatan, mengingat adanya banyak kandungan nutrisi didalamnya. Aloe vera alias lidah buaya sudah menjadi tanaman yang dikenal banyak khasiatnya sejak lama. Apa saja kandungan nurtrisi di dalam aloe vera ? Tanaman dari famili tanaman lili atau Aloaceae ini kaya akan vitamin dan mineral. Sederet kelompok vitamin mulai dari vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, E, kemudian kolin, sampai dengan asam folat. Ditambah lagi dengan sederet kandungan mineral mulai dari zink, kromium, selenium, potasium, magnesium, mangan hingga besi. Dari begitu banyaknya kandungan nutrisi di dalam aloe vera inilah sehingga tidak heran kalau tanaman ini dapat memberikan aneka ragam manfaat untuk kesehatan.

Mulai dari untuk membantu kinerja sistem pencernaan. Kita tentu tahu bahwa saluran pencernaan adalah bagian yang sangat penting di dalam tubuh kita, yang mana dengan kinerja sistem pencernaan yang terjaga dengan baik, ini akan membuat kita semakin sehat. Salah satu manfaat aloe vera adalah dapat membersihkan dan juga membantu memperbaiki fungsi saluran pencernaan. Mulai dari membantu dalam menyembuhkan masalah pada sistem pencernaan seperti masalah sembelit salah satunya. Lidah buaya pun dapat membantu untuk mengurangi bakteri berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan juga aloe vera bermanfaat untuk menyerap racun-racun di dalam tubuh, mengingat bahwa racun di dalam tubuh bisa membuat daya tahan tubuh kita menurun yang beresiko membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit.

Menguatkan sistem kekebalan tubuh adalah manfaat aloe vera yang selanjutnya. Terdapat kandungan di dalam aloe vera bernama polisakarida yang fungsinya adalah menstimulasi makrofagus sel darah putih untuk melawan virus penyebab penyakit. Belum lagi juga beberapa kandungan vitamin seperti vitamin C dan E yang bersifat sebagai antioksidan tinggi, sehingga dengan kandungan tersebut membuat aloe vera bermanfaat baik untuk sisrtem kekebalan tubuh agar dapat melawan berbagai penyakit dengan optimal. Tanaman yang punya duri di bagian pinggirnya ini juga memiliki sifat sebagai antipiretik yang bermanfaat untuk membantu menurunkan suhu tubuh ketika demam menyerang.

Aloe vera dapat juga untuk menjaga kelembutan kulit. Manfaat aloe vera untuk kecantikan sudah dikenal sejak lama dan sampai dengan sekarang. Kita bisa lihat produk-produk kosmetika ada begitu banyak yang menyertakan lidah buaya di dalam produknya. Yang lebih istimewanya lagi, bahkan cairan pencuci piring pun tak kalah menyertakan aloe vera sebagai salah satu bahan pembuatannya. Adalah Sunlight Clean & Soft yang menyertakan aloe vera dalam produknya. Dengan begitu, saat mencuci piring menggunakan Sunlight Clean & Soft, tangan kita bisa terjaga kelembuatannya karena adanya manfaat aloe vera di dalam cairan pencuci piring tersebut. Manfaat aloe vera untuk menjaga kelembutan kulit ini dikarenakan sebagian besar dari aloe vera adalah air. Selain untuk melembabkan, aloe vera pun bisa membantu dalam meremajakan kulit secara alami.

Belum cukup sampai disitu saja, aloe vera juga dapat berperan sebagai disinfektan, antibiotik, antimikroba, antikuman, antijamu, antibakteri maupun antiseptik dan juga antivirus. Di dalam aloe vera terdapat berbagai kandungan aktif seperti sulfur, salisilat, asam sinamat, fenol, nitrogen sampai dengan lupeol yang kesemuanya tersebut adalah zat untuk mecegah terjadinya pertumbuhan mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit. Senyawa aktif tersebut juga bertindak untuk membasmi infeksi yang terjadi, baik karena bakteri, virus, maupun karena jamur dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *