3 Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Harus Dipantang

Makanan merupakan salah satu unsur terpenting yang dibutuhkan setiap manusia, termasuk bayi yang ada dalam kandungan. Oleh karenanya sangat penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan asupan makanan yang dimakan demi kesehatan ibu dan juga calon buah hatinya. Hal ini dikarenakan bila makanan untuk ibu hamil tersebut baik, maka asupan makan calon buah hati juga baik dan lebih dari itu setidaknya bisa membantu proses persalinan agar lancar serta bisa juga membuat bayi yag terlahir tersebut dalam keadaan sehat. Berbicara mengenai makanan untuk ibu hamil ini, sekiranya para calon ibu dan calon ayah harus mengetahui 4 makanan dan minuman yang dilarang di konsumsi bagi ibu hamil.

Buah Nanas

Buah nanas termasuk salah satu makanan dari jenis buah-buahan yang harus dihindari untuk dimakan oleh ibu hamil. Selain itu juga para ibu hamil juga menahan diri untuk mengkonsumsi maanan apapun dengan olahan nanas, seperti selai, nastar dan masih banyak lagi. Setidaknya dengan konsumsi buah nanas, ibu hamil akan beresiko mengalami 3 hal, yakni :

1. Pemicu Kontraksi

Hal ini dikarenakan buah nanas dapat menyebabkan janin lebih baik bergerak ketimbang dia dan akibat pergerakan yang tidak wajar tersebut dapat mendesak terjadinya kontraksi yang mana hal ini disebabkan oleh efek nanas yang memberikan rasa panas pada bayi. Bila hal ini terjadi akan berimbas pada kondisi ibu yang tidak nyaman.

2. Pemicu Kelahiran Dini/ Keguguran

Buah nanas memiliki kandungan bromelain. kandungan bromelain ini dapat melembutkan leher rahim sang Ibu sehingga mengakibatkan kelahiran bayi premature. Permasalahannya juga akan semakin rumit bila ibu hamil terutama pada trimester pertama dimana kondisi janin masih dalam tahap pembentukan mengkonsumsi buah nanas. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa 6 buah nanas sudah cukup membuat ibu hamil mengalami kelahiran premature.

3. Akan Membuat Kulit Bayi Menjadi Alergi

Nanas dapat berdampak buruk pada kulit bayi. Menurut penelitian, mengonsumsi hidangan dari nanas yang panas, diduga bisa berdampak buruk pada kulit bayi atau reaksi alergi. Nanas yang dihidangkan dalam suhu panas bisa mengeluarkan racun yang bisa memicu dua hal tersebut (kerusakan kulit dan alergi pada kulit).

Buah Nangka

Walau belum ada keterangan medis secara resmi bahwa nangka bisa menyebabkan keguguran, namun nangka dipercaya menjadi salah satu makanan yang dilarang saat seseorang sedang hamil. Keterangan ilmiah hanya menyebutkan bahwa nangka bisa menimbulkan gas dan hal ini menyebabkan lambung terasa tidak nyaman bagi ibu hamil. Untuk ibu hamil muda yang terkena morning slickness, maka mengonsumsi nangka akan memperparah morning sickness itu sendiri. Bila hal ini terjadi, tentunya akan membuat kondisi ibu semakin tidak nyaman bukan?

Fast Food

Jangan sampa karena praktisnya dalam membuat makanan cepat saji (fast food) ditambah rasanya juga yang enak membuat ibu hamil mau memakannya ya. Fast food seperti nuget, french fries ternyata beresiko loh untuk ibu hamil. Karena pada fast food umumnya terdapat lemak trans. Lemak trans itu sendiri adalah lemak yang terbentuk dari proses pemadatan dari minyak nabati. Mengonsumsi lemak trans ternyata akan meningkatkan kolesterol buruk. Lemak trans dapat menyebabkan bayi tidak mampu berkembang sehingga mungkin akan terlahir dengan bobot kurang. Bahkan, pada kehamilan muda, lemak trans dapat meningkatkan kemungkinan janin gugur.

Ya, itulah tadi 3 makanan untuk ibu hamil yang dilarang untuk dimakan. Semoga bermanfaat!

About jacquiephelan4dm1n

View all posts by jacquiephelan4dm1n →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *