Cara Mencegah Demam Berdarah (DBD) Secara Ampuh

Salah satu jenis penyakit yang sebabkan oleh gigitan nyamuk adalah demam berdarah atau Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit ini menyerang trombosit darah dan terus mengalami penurunan sehingga penderita akan mengalami lemas dan kandungan trombosit dalam darah lama kelamaan akan menurun. Penyakit demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypty yang biasa menggigit pada pagi hari, siang hari dan sore hari. Mereka bertelur di genangan air yang jernih dan bersih dan tumbuh menjadi nyamuk dewasa. Genangan tersebut berasal dari sisa air hujan yang tergenang di botol-botol atau dalam penampung air yang tidak dirawat. Perlu adanya pencegahan demam berdarah agar jumlah penderita tidak bertambah.
 
 
Upaya pencegahan sebenarnya mudah dilakukan. Cukup dengan menanamkan kebiasaan bersih pada lingkungan sekitar Anda. Kebiasaan-kebiasaan di bawah ini cenderung ringan namun memiliki dampak positif untuk mencegah nyamuk berkembangbiak dan mencegah Anda terjangkit penyakin demam berdarah. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda lakukan agar lingkungan terhindar dari jentik-jentik nyamuk Aedes aegypty :
 
1. Menutup penampungan kebutuhan air. Hal ini untuk menghindari nyamuk bertelur pada penampung tersebut. Selain penampung air juga perhatikan beberapa tempat air yang menggenang seperti vas bunga
 
2. Bersihkan lingkungan dari hal-hal yang dapat menggenang air. Misal bekas kaleng maupun botol.
 
3. Gunakan kelambu saat tidur atau dengan menggunakan jaring-jaring pada ventilasi untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.
 
4. Bila sedang mewabah, maka pencegahan demam berdarah perlu lebih ketat lagi seperti tidak memakai pakaian yang terbuka saat keluar rumah, memakai lotion anti nyamuk saat di luar rumah dan menghindari keluar rumah pada pagi hari, siang dan sore atau senja.
 
5. Menguras bak penampungan secara teratur seminggu sekali. Taburkan bubuk abate pada sumur Anda. bubuk abate berguna untuk membunuh telur-telur serta jentik-jentik nyamuk di air. Abate aman untuk manusia namun tetap harus dimasak terlebih dahulu sebelum mengonsumsi air yang ditaburi abate. 
 
6. Tidak menggantung pakaian di dalam rumah dalam waktu yang lama. Baju yang menggantung dapat dijadikan sebagai tempat persembunyian nyamuk.
 
Demikian beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit demam berdarah. 
 
Namun bila sudah terlanjur terjangkit penyakit DBD, rajinlah mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah dan juga lakukan pengobatan untuk melawan virus yang telah menyebar di dalam tubuh Anda. Pencegahan demam berdarah dapat dilakukan bersama-sama masyarakat sekitar dengan kerja bakti setiap minggu sebagai upaya pencegahan karena bila sudah mewabah akan banyak korban yang berjatuhan.

About jacquiephelan4dm1n

View all posts by jacquiephelan4dm1n →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *