Gejala/ Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau biasa di sebut dengan penyakit faringitis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktor, yakni :

Terserang Debu Banyak

Debu yang banyak dan beragam tentunya banyak juga mengandung kuman penyakit. Bila terhirup melalui hidung ataupun mulut maka masuklah kuman tersebut ke tenggorokan. Dan mulailah interaksi kuman tersebut dengan tubuh manusia.

Terkena Bakteri

Radang tenggorokan bisa di sebabkan karena bakteri streptokokus. Selain itu, bakteri ini juga bisa menyebabkan penederita mengalami gangguan pernafasan seperti pilek dan pnuemonia. Sangat mudah terjangkiti oleh orang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Terkena Alergi

Alergi seseorang tidak harus sama dengan orang lain. Bila seseorang alergi terhadap sesuatu harus dicari penyebab alergi tersebut. Mulai dari suhu udara, makanan, bahan oles, obat-obatan dll.

Gejala Radang Tenggorokan

Gejala radang tenggorokan dapat di cermati dengan fenomena yang terjadi pada tubuh kita seperti :
Demam tinggi, pusing dan sakit kepala, malas melakukan aktivitas apapun, suara menjadi serak di sertai batuk berdahak, radang hidung, perut terasa nyeri atau panas, bahkan ingin muntah, tenggorokan terasa sakit terutama saat menelan. Amandel berwarna memerah dan membengkak. Adanya benjolan berwarna merah si sekitar tenggorokan. Terasa yang menjalar dari telinga sampai hidung. Tenggorokan terasa panas dan mengering. Gejala tersebut akan muncul selama 1- 2 hari. Namun pada seseorang yang daya tahan tubuhnya melemah, akan sampai satu minggu. Jika terkena gejala diatas, cukup berikan obat obatan untuk menghilangkan gejalanya saja. Bila perlu sampai antibiotik. Apapun penyakitnya, jika dibiarkan saja tidak akan baik. Hanya mitos ketika mendengar suatu penyataan ketika sakit lalu dibiarkan saja, lama-lama akan sembuh sendiri. Sebenarnya mereka sembuh bukan karena tidak melakukan perlakuan khusus terhadap tubuh. Namun sistem imunitas yang membaik, sehingga membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit. Penyakit yang kerap terlihat ringan ini ternyata bisa menjadi bom atom untuk diri sendiri. Radang tenggorokan yang dibiarkan bersarang di dalam tubuh, jika tidak diobati akan berbahaya. Efek yang ditimbulkan oleh radang tenggorokan bisa menjalar ke paru-paru dan merusak sistem pernafasan.

About jacquiephelan4dm1n

View all posts by jacquiephelan4dm1n →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *