Kue-Kue Mewah Tempo Dulu Warisan Belanda

Masa pendudukan belanda yang berlangsung sangat lama membuat akulturasi budaya Belanda dengan budaya Indonesia terjadi di berbagai bidang. Salah satunya ada pada pengkayaan kulinernya. Ada banyak resep warisan Belanda yang berpadu dengan citarasa Indonesia dan membentuk menu yang nikmat dan cocok dengan lidah pribumi. Tidak hanya makanan berat, ada banyak juga kue-kue yang menjadi favorit bahkan sampai sekarang. Pada masanya, kue-kue ini sangat mewah karena bahan bakunya cukup mahal. Beberapa bahan seperti terigu, mentega, dan keju tidak dapat dinikmati oleh sembarang orang. Berikut beberapa kue tempo dulu warisan Belanda dengan rasa mewah.

Spekuk

Zaman dulu, spekuk menjadi salah satu kue yang sangat mewah. Apa itu spekuk? Spekuk mungkin terdengar asing, kue satu ini juga biasa disebut dengan lapis legit. Apa Anda pernah memakan lapis legit? Rasanya yang kaya rempah dengan tekstur yang moist membuat Anda tidak cepat seret saat memakannya. Cara pembuatan kue ini sangat rumit, untuk rasa yang nikmat, Anda membutuhkan banyak telur dan rempah dengan jumlah yang pas. Tidak heran jika ada beberapa merek spekuk terkenal yang menjual dengan harga yang sangat tinggi.

Kastengel

Kue yang kerap dijumpai saat lebaran ini juga termasuk kue mewah. Bagaimana tidak, resep warisan Belanda ini dibuat dari keju dalam jumlah yang tidak sedikit. Dalam bahasa Belanda sendiri, kastengel berarti batangan keju karena dibuat dari banyak keju dengan sedikit terigu dan butter sehingga teksturnya remah.

Klappertaart

Klappertaart dengan rasanya yang manis gurih ini sangat cocok dinikmati sembari minum teh hangat. Dibuat dari perpaduan kelapa, susu, terigu, mentega, dan telur, klappertaart menjadi salah satu kue tempo dulu yang memiliki rasa mewah. Biasanya kue ini diberi topping kismis sehingga menambah kemewahannya.

Onbijtkoek

Onbijtkoek adalah roti yang memiliki rasa rempah. Rempah yang digunakan terutama adalah kayu manis, cengkeh, pala, dan jahe. Kue jenis ini memiliki pengembangan yang rendah. Teksturnya sedikit kasar dan memiliki aroma rempah yang kuat.

Dari jenis di atas, adakah kue favorit Anda? Beruntung saat ini kita hidup di era merdeka sehingga kita dapat menikmati kue dengan rasa mewah tersebut kapan saja. Berbagai bahan yang dulu sulit didapatkan pun kini dapat kita temukan dengan mudah, siapa saja bisa menikmati kue-kue tersebut dengan mudah.

About jacquiephelan4dm1n

View all posts by jacquiephelan4dm1n →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *